Pengaruh Penggunaan Media Cerita Bergambar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 5 Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep

FADLUNNISA (2023) Pengaruh Penggunaan Media Cerita Bergambar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 5 Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep.

[img] Text
Artikel_Fadlunnisa_Universitas Negeri Makassar_LOA.pdf

Download (762kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran penggunaan Media Cerita Bergambar pada siswa, (2) untuk mengetahui gambaran hasil belajar IPS siswa pada mata pelajaran IPS, (3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media Cerita Bergambar terhadap hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan bentuk True Experimental Design. Desain dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Media Cerita Bergambar sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS siswa. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 60 siswa. Pemilihan sampel yang dilakukan yaitu menggunakan teknik simple random sampling dengan hasil kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 30 siswa dan kelas IV B sebagai kelas kontrol denganjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pembagian pretest, treatment, dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan uji statistik parametrik yaitu uji Independent Sample T-test dengan menggunakan sistem Statistical Pachage For Sosial Science (SPSS) Versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Gambaran penggunaan media cerita bergambar dikelas eksperimen berlangsung dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari keterlaksanaan penggunaan media cerita bergambar dengan kategori presentase untuk setiap pertemuan meningkat. 2) Gambaran hasilbelajar IPS siswa kelas eksperimen meningkat, hal tersebut dibuktikan dengan nilai posttest yang berada pada kategori sangat tinggi. 3) Terdapat pengaruh penggunaan media cerita bergambar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 5 Padangtangalau Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep. Hal ini disebabkan nilai probabilitis lebih kecil dari nilai signifikan dan t hitung lebih besar dari t tabel. Kata Kunci: Media Cerita Bergambar, Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Aug 2023 03:33
Last Modified: 14 Aug 2023 03:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33597

Actions (login required)

View Item View Item