Penerapan Model Pembelajaran Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Subtema Sumber Energi Kelas IV SD Negeri No. 136 La’nyara Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar

NUR AQIDAH MUSTARI (2023) Penerapan Model Pembelajaran Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Subtema Sumber Energi Kelas IV SD Negeri No. 136 La’nyara Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar.

[img] Text
Artikel_Nur Aqidah Mustari_Universitas Negeri Makassar.pdf

Download (923kB)

Abstract

Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada subtema sumber energi kelas IV SD Negeri No. 136 La’nyara Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada subtema sumber energi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) dan hasil belajar siswa. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 17 orang. Pengumpulan data menggunakan format observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Kesimpulan penelitian ini yaitu aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan. Hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori kurang sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat berada pada kategori baik dan penerapan model pembelajaran Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) dalam pembelajaran subtema sumber energi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV. Kata Kunci : Model Pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK), Hasil Belajar Siswa, Subtema Sumber Energi

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Aug 2023 02:49
Last Modified: 14 Aug 2023 02:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33595

Actions (login required)

View Item View Item