PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TANPA TEKSTERHADAPKETERAMPILAN MENULIS TEKS DIALOG SISWA KELAS IV SD INPRES BTN IKIP I KOTA MAKASSAR

A. ETIKA MEIDIATY ANUGRAH (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TANPA TEKSTERHADAPKETERAMPILAN MENULIS TEKS DIALOG SISWA KELAS IV SD INPRES BTN IKIP I KOTA MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL A.ETIKA MEIDIATY ANUGRAH 1547042011.pdf

Download (539kB)

Abstract

Penelitian ini menelaah pengaruh penggunaan media komik tanpa teks terhadap keterampilan menulis teks dialog siswa kelas IV. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah gambaran penggunaan media komik tanpa teks terhadap keterampilan menulis teks dialog siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP 1 Kota Makassar?; (2) Bagaimanakah gambaran hasil keterampilan menulis teks dialog siswa kelas kelas SD Inpres BTN IKIP 1 Kota Makassar?; (3) Apakah pengaruh penggunaan media komik tanpa teks terhadap keterampilan menulis teks dialog siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Kota Makassar?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah; untuk mengetahui gambaran dan pengaruh penggunaan media komik tanpa teks terhadap keterampilan menulis teks dialog siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP 1 Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian True Eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dengan menggunakan metode simple random sampling dimana kelas IV A berjumlah 34 orang dan Kelas IV B berjumlah 32 orang sehingga total keseluruhan sampel yaitu berjumlah 66 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument penelitian berupa tes keterampilan menulis teks dialog. Teknis analisis data menggunakan teknik Independent Sample t-test dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic Version 16. Hasil analisis deskriptif tentang gambaran keterampilan menulis teks dialog menunjukkan keterampilan menulis siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Kota Makassar dengan menggunakan media komik tanpa teks dikategorikan tinggi dan proses pembelajaran berjalan sangat efektif. Hasil penelitian dan kesimpulan menunjukkan adanya pengaruh media komik tanpa teks terhadap keterampilan menulis teks dialog siswa pada kelas eksperimen jika dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media komik tanpa teks. Kata kunci: Hasil Keterampilan menulis teks dialog, media komik tanpa teks

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Aug 2023 02:40
Last Modified: 14 Aug 2023 02:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33594

Actions (login required)

View Item View Item