FATHANA HASLAMI (2023) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV UPT SPF SD Negeri Daya II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.
Text
ARTIKEL_1747040023_FATHANA HASLAMI_PJE.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri Daya II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 15 siswa pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Hasil peningkatan aktivitas mengajar guru pada siklus I setelah diterapkan model pembelajaran Discovery Learning memperoleh kategori Kurang (K) kemudian pada siklus II setelah diterapkan model pembelajaran Discovery Learning dengan berbantuan media pembelajaran memperoleh kategori Baik (B). Selain itu, hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh kategori Kurang (K) kemudian pada siklus II memperoleh kategori Baik (B). Sejalan dengan hal tersebut, rata-rata hasil tes keterampilan membaca pemahaman siswa juga mengalami peningkatan dengan hasil pada siklus I hanya memperoleh kategori Cukup (C) kemudian meningkat pada siklus II menjadi kategori Sangat Baik (A). Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri Daya II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Kata Kunci: Discovery Learning, Membaca Pemahaman
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 02:10 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 02:10 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33593 |
Actions (login required)
View Item |