PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL FILM KARTUN TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD INPRES MARISO I KOTA MAKASSAR

YESI PASILA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL FILM KARTUN TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD INPRES MARISO I KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Artikel_Yesi Pasila_ Universitas Negeri Makassar1.pdf

Download (984kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan media audio visual pada kelas V SD Inpres Mariso I Kota Makassar, untuk mengetahui hasil keterampilan menyimak siswa kelas V SD Inpres Mariso I Kota Makassar, dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual film kartun terhadap keterampilan menyimak siswa kelas V SD Inpres Mariso I Kota Makassar. Manfaat penelitian yaitu diharapkan dapat memberikan manfaat bagi penelitian selanjutkan untuk dijadikan bahan informasi dan menambah wawasan manfaat penggunaan media audio visual film kartun terhadap keterampilan menyimak mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres Mariso 1. Jenis penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan desain nonequivalent control Group Design, dengan tahap pretest, treatment, dan post test. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Mariso 1 kota Makassar. Sampel pada penelitian ini adalah kelas V A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 21 siswa dan V B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan melakukan yaitu analisis deskripti dan hasil dari uji tersebut menyatakan bahwa sangat efekti, uji normalitas dan hasilnya normal , uji homogenitas dan hasilnya homogen, uji regresi dan pengujian hipotesis menggunakan independent sample t-test dan hasilnya terdapat pengaruh. Berdasarkan data hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan media audio visual film kartun pada kelas eksperimen yaitu kelas V A dilakukan selama 3 kali pertemuan di luar kegiatan pretest dan posttest dan dapat di ketahui bahwa proses pembelajaran yang berlangsung sangat efektif dengan menggunakan media audio visual film kartun kepada siswa untuk melaksanakan pembelajaran. Hasil keterampilan menyimak menggunakan media audio visual film kartun setelah menggunakan media audio visual film kartun meningkat. Penggunaan antara menggunakan media audio visual film kartun dan tidak meggunakan media audio visual film kartun, terdapat pengaruh penggunaan media audio visual film kartun terhadap keterampilan menyimak mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres Mariso I Kota Makassar. Kata Kunci: Audio Visual Film Kartun dan Keterampilan Menyimak

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Aug 2023 02:02
Last Modified: 14 Aug 2023 02:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33592

Actions (login required)

View Item View Item