Penerapan Media Papan Flanel untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas II SDN Bayang Kota MakassarImplementation Of Flannel Board Media To Improve Beginning Reading Ability In 2nd Grade At SDN Bayang Makassar City

AWALIYAH RIZQI (2023) Penerapan Media Papan Flanel untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas II SDN Bayang Kota MakassarImplementation Of Flannel Board Media To Improve Beginning Reading Ability In 2nd Grade At SDN Bayang Makassar City.

[img] Text
Artikel_Awaliyah Rizqi_PGSD_1747441002_Universitas Negeri Makassar-dikonversi.pdf

Download (381kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas II SDN Bayang Kota Makassar. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Bagaimana meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media papan flanel pada peserta didik kelas II SDN Bayang Kota Makassar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui meningkatnya kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media papan flanel pada peserta didik kelas II SDN Bayang Kota Makassar. Pendekatan yang dipilih pada pelaksanaan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas II SDN Bayang Kota Massar dengan jumlah peserta didik sebanyak 25 orang yang terdiri dari 13 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Data aktivitas guru dan aktivitas peserta didik diperoleh melalui lembar observasi dan hasil kemampuan membaca permulaan peserta didik menggunakan media papan flanel. Kemampuan membaca permulaan peserta didik pada siklus I pertemuan 1 dan 2 belum tuntas tetapi pada siklus II pertemuan 1 dan 2 mengalami peningkatan dan dikategorikan tuntas. Selain itu aktivitas guru dan peserta didik dalam menerapkan media papan flanel juga mengalami pengingkatan yakni pada siklus I dan siklus II aktivitas mengajar guru dikategorikan baik. Aktivitas belajar peserta didik pada siklus I pertemuan 1 dikategorikan kurang dan pada pertemuan 2 dikategorikan baik dan mengalami pengingkatan pada siklus II yakni pada pertemuan 1 dan pertemuan 2 dikategorikan baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media papan flanel dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas II SDN Bayang Kota Makassar. Kata Kunci : Media papan flanel, Peserta Didik, Kemampuan membaca permulaan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Aug 2023 01:29
Last Modified: 14 Aug 2023 01:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33589

Actions (login required)

View Item View Item