Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V SDN 24 Batangase

NURHIKMA SARI (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V SDN 24 Batangase.

[img] Text
JURNAL_NURHIKMA SARI_1747441015.pdf

Download (588kB)

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran project based learning pada pembelajaran tematik kelas V SDN 24 Batangase Maros, dan untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik siswa kelas V SDN 24 Batangase Maros. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas V pada SDN 24 Batangase Maros dengan jumlah keseluruhan populasi adalah 92siswa yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB DAN VC dengan jumlah 59 siswa. Teknikpengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan kemudianpengolahannya dilakukan dengan analisis statistik dan statistik inferensial dengan bantual IBM SPSS versi 26. Hasil analisisdeskriptif menunjukkan bahwa nilai rata­rata hasil belajar di kelas eksperimen sebelum menggunakan project based learning(pre­test) 35,83 yang berarti berada pada kategori kurang, sedangkan nilai rata­rata siswa setelah penerapan strategi project based learning (post­test) adalah 69,17 berada pada kategori baik. Selanjutnya nilai rata­rata hasil belajar siswa di kelas kontrol tidak diberi perlakuan tanpa menerapkan model project based learning (pre­test) adalah 35,69 berada pada kategori kurang sedangkan nilai rata­rata tidak diberi perlakuan tanpa menerapkan project based learning (post­test) adalah 53.28 berada padakategori cukup. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwa terdapat pengaruh positif penerpan model project based learningterhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik siswa kelas V SDN 24 Batangase Maros. Kata kunci: project based learning, hasil belajar tematik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Aug 2023 01:21
Last Modified: 14 Aug 2023 01:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33588

Actions (login required)

View Item View Item