PENERAPAN METODE SURVEY QUESTION READING RECITE REVIEW (SQ3R) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SDN NO.6 BILACADDI KECAMATAN PATTALLASSANG KABUPATEN TAKALAR

Nurjannah (2023) PENERAPAN METODE SURVEY QUESTION READING RECITE REVIEW (SQ3R) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SDN NO.6 BILACADDI KECAMATAN PATTALLASSANG KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
Artikel Pinisi Nurjannah PGSD_1747041031.pdf

Download (861kB)

Abstract

Penelitian ini adalah rendahnya Keterampilan Membaca Pemahaman pada siswa di kelas V SDN No.6 Bilacaddi Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan metode SQ3R dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN No. 6 Bilacaddi Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar? Adapun tujuan penelitian ini: untuk mendeskripsikan penerapan metode Survey Question Reading Recite Review (SQ3R) dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN No. 6 Bilacaddi Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Tiap siklus dua kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian yakni (1) Penerapan Metode SQ3R dan (2) Keterampilan Membaca Pemahaman. Subjek penelitian yakni 1 orang guru dan 18 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian pada siklus 1 menunjukkan bahwa hasil observasi mengajar guru berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II hasil observasi guru berada pada kategori baik. Hasil observasi belajar siswa pada siklus 1 berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya keterampilan membaca pemahaman siswa dari kategori tidak tuntas pada siklus 1 menjadi kategori tuntas pada siklus II. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode SQ3R dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN No. 6 Bilacaddi Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar. Kata Kunci: Keywords: Metode SQ3R, Keterampilan Membaca Pemahaman

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Aug 2023 01:15
Last Modified: 14 Aug 2023 01:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33587

Actions (login required)

View Item View Item