PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FRACTIONAL FOOD MATH CRAFT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN NO. 6 KAMPUNG BARU MAJENE KECAMATAN BANGGAE TIMUR KABUPATEN MAJENE

MUTMAINNAH (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FRACTIONAL FOOD MATH CRAFT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN NO. 6 KAMPUNG BARU MAJENE KECAMATAN BANGGAE TIMUR KABUPATEN MAJENE.

[img] Text
ARTIKEL_MUTMAINNAH_1747042098.pdf

Download (379kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Fractional Food Math Craft terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN No. 6 Kampung Baru Majene Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene. Variabel bebas dalam penelitian ini menggunakan media pembelajaran fractional food math craft, variable terikat ialah hasil belajar matematika. Pemilihan sampel yang dilakukan yaitu menggunakan teknik pemilihan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Tes dikumpulkan dari pemberian tes pada ranah kognitif kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji Independent sample T-Test. Hasil penelitian yang telah dilakukan berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) Gambaran penggunaan media pembelajaran fractional food math craft masuk ke dalam kategori sangat efektif; (2) Hasil belajar matematika keterampilan berhitung pecahan siswa yang menggunakan media pembelajaran fractional food math craft diperoleh pada posttest kelas eksperimen masuk ke dalam kategori sangat tinggi, posttest pada kelas control masuk ke dalam kategori sedang; (3) Terdapat pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Fractional Food Math Craft Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN No. 6 Kampung Baru Majene Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene. Hal ini dibuktikan pada nilai probalititas 0,09 < 0,05 dan thitung > ttabel (2,695 > 1,697) Keywords: Media Pembelajaran Fractional Food Math Craft, Hasil Belajar, Matematika

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Aug 2023 00:50
Last Modified: 14 Aug 2023 00:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33585

Actions (login required)

View Item View Item