Pengembangan Media PAKEM The Box Of Pinisi Dalam 4 Pilar Budaya Bugis�Makassar (Sipakatau, Sipakainge’, Sipakalebbi, Dan Sipatokkong) Sebagai Pemberdayaan Karakter Siswa Sekolah Dasar

SALSABILLA NURZAKINAH A. (2023) Pengembangan Media PAKEM The Box Of Pinisi Dalam 4 Pilar Budaya Bugis�Makassar (Sipakatau, Sipakainge’, Sipakalebbi, Dan Sipatokkong) Sebagai Pemberdayaan Karakter Siswa Sekolah Dasar.

[img] Text
Artikel Salsabilla Nurzakinah A.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan media PAKEM the Box of Pinisi sebagai reaktualisasi pembelajaran pada siswa sekolah dasar bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan media PAKEM the Box of Pinisi sebagai reaktualisasi pembelajaran pada siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and delevopment (R & D) dengan desain penelitian menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi dan ahli media, angket respon/tanggapan guru dan siswa serta teknik dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini yaitu pertama menghasilkan produk berupa Media PAKEM the Box of Pinisi dengan konten berbasis nilai-nilai kebudayaan lokal Bugis-Makassar dari implementasisipakatau,sipakainge’, sipakalebbi, dan sipatokkong. Selain media, penelitian ini menghasilkan Bo’bo A Jo’jo artinya buku petunjuk penggunaan media. Kedua, kelayakan media sesuai kriteria skala penilaian kualifikasi produk yaitu pada validasi ahli materi memperoleh kriteria sangat valid. Validasi ahli media memperoleh kriteria sangat valid. Hasil tanggapan/respon guru memperoleh kriteria sangat valid. Sedangkan, hasil tanggapan/respon siswa setelah dilakukan uji kelompok kecil dan uji kelompok besar memperoleh masing-masing nilai dengan kriteria sangat valid. Dengan adanya penelitian ini, peneliti selanjutnya dapat mengembangkan media PAKEM the Box of Pinisi yang lebih menarik lagi minat siswa. Kata Kunci: media PAKEM the box of pinisi, reaktualisasi pembelajaran, siswa SD.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Aug 2023 00:19
Last Modified: 14 Aug 2023 00:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33582

Actions (login required)

View Item View Item