Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

NATHANIA EMAUELA DAVID (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.

[img] Text
Artikel_Nathania Emauela David_1747041013_PGSD_FIP_UNM.pdf

Download (637kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CRH untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CRH untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 7 Salotungo Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Teknik dan prosedur pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV sebanyak 16 orang yang terdiri dari 8 laki-laki dan 8 perempuan. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru sebagai pelaksana tindakan. Teknik analisis data adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan pencapaian ketuntasan hasil belajar siklus I berada pada kategori kurang sedangkan pencapaian ketuntasan hasil belajar siklus II berada pada kategori baik sekali. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CRH dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 7 Salotungo Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Kata Kunci: Hasil belajar matematika, pembelajaran kooperatif, CRH.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Aug 2023 00:10
Last Modified: 14 Aug 2023 00:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33581

Actions (login required)

View Item View Item