PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII1 SMP NEGERI 2 TANRALILI MAROS MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS LINGKUNGAN

Nur asia, Nur asia (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII1 SMP NEGERI 2 TANRALILI MAROS MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS LINGKUNGAN. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
jurnal.docx

Download (53kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas, untuk melihat seberapa besar hasil belajar siswa pada materi tentang cahaya yang menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan. Pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan digunakan dalam penelitian ini, karena diyakini pendekatan ini akan mampu meningkatkan hasil belajar fisika siswa apabila disetting LKS berbasis lingkungan. Selain itu diharapkan dengan proses mental (secara investigasi) dapat meningkatkan potensi intelektual siswa. Seluruh populasi menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII1 SMP Negeri 2 Tanralili Maros sebanyak 33 orang siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan kuantitatif. Statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis kevalidan perangkat pembelajaran dan mendeskripsikan hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kualitas proses belajar mengajar melalui pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan termasuk kategori sangat baik; (2) hasil belajar fisika siswa kelas VIII1 SMP Negeri 2 Tanralili Maros pada materi cahaya setelah diajar dengan pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan dapat meningkat secara signifikan, pada siklus I mencapai rata-rata 62,67. dengan tingkat ketuntasan belajar siswa mencapai 72,73%. Sedangkan pada siklus II mencapai rata-rata 69,15 dengan tingkat ketuntasan belajar siswa mencapai 87,88%. Penelitian ini membuktikan bahwa hasil belajar fisika siswa meningkat melalui pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan. Sehingga penelitian ini akan bermanfaat baik bagi guru sebagai salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar fisika maupun bagi siswa sebagai wadah untuk mengembangkan/ meningkatkan aktivitas belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Oct 2017 08:32
Last Modified: 23 Oct 2017 08:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3358

Actions (login required)

View Item View Item