Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Fiksi pada Siswa Kelas IV SD Negeri 294 Inpres Puyan Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja

SEMCHALISTA (2023) Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Fiksi pada Siswa Kelas IV SD Negeri 294 Inpres Puyan Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja.

[img] Text
ARTIKEL_SEMCHALISTA_1747041034-PGSD_PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN .pdf

Download (999kB)

Abstract

Semchalista, 2021. Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Fiksi pada Siswa Kelas IV SD Negeri 294 Inpres Puyan Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Nasaruddin dan Nurhaedah). Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menyimak cerita fiksi siswa yangdilatarbelakangi oleh faktor kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran, guru hanya menggunakan bahan ajar berupa buku siswa, siswa yang bersikap pasif dan tidak memperhatikan proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan media audio visual dalam meningkatkan keterampilan menyimak cerita fiksi pada siswa kelas IV SD Negeri 294 Inpres Puyan Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan dilaksanakan dalam empat tahap yaitu perencananaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan media audio visual dan keterampilan menyimak cerita fiksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan 25 orang siswa kelas IV SD Negeri 294 Inpres Puyan Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Pada penelitian ini, siswa dinyatakan Tuntas secara Individual jika telah mencapai KKM > 65 dan dinyatakan Tuntas secara Klasikal apabila jumlah siswa yang mencapai KKM mencapai >70%. Hasil penelitian pada siklus I ketuntasan hasil belajar belum mencapai ketuntasan secara klasikal, sebab jumlah siswa yang mencapai KKM hanya 7 orang dengan persentase 28% kategori Kurang dengan rata-rata nilai 55,7. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa yang telah mencapai ketuntasan secara klasikal dilihat dari jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 20 orang dengan persentase 80% kategori Baik dengan rata-rata nilai 79,9. Jadi, penelitian penerapan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita fiksi kelas IV SD Negeri 294 Inpres Puyan Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja. Kata Kunci: media audio vidual, keterampilan menyimak, cerita fiksi, siswa SD

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Aug 2023 08:44
Last Modified: 11 Aug 2023 08:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33558

Actions (login required)

View Item View Item