Pengaruh Pendampingan OrangTua dalam Pembelajaran Daring terhadap Hasil belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa KelasII SDN 01 Centre Pattallassang Kabupaten Takalar

RIA ASRIANA HAMZAH (2023) Pengaruh Pendampingan OrangTua dalam Pembelajaran Daring terhadap Hasil belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa KelasII SDN 01 Centre Pattallassang Kabupaten Takalar.

[img] Text
Artikel_Ria Asriana Hamzah_Universitas Negeri Makassar-dikonversi.pdf

Download (368kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian expost facto. Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui gambaran pendampingan orang tua dalam pembelajaran daring, hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui pengaruh pendampingan orang tua dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas II SDN 01 Centre Pattallassang Kabupaten Takalar. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah expost- facto. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pendampingan orang tua dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN 01 Centre Pattallassang dengan sampel 51 siswa. Teknik dan prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan orang tua alam pembelajaran daring berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas II SDN 01 Centre Pattallassang Kabupaten Takalar, hal ini dibuktikan dengan nilai Thitung yang di peroleh sebesar 8,272, yang lebih besar dari nilai Ttabel 2,009 sehingga dapat dikatakan pendampingan orang tua dalam pembelajaran daring berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia. Selain itu dari hasil uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 68,421 yang lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 4,038 sehingga dapat dikatakan pendampingan orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas II SDN 01 Centre Pattallassang Kabupaten Takalar. Untuk nilai koefisien determinasi di peroleh nilai 0,583 yang artinya sebesar 58,3% pendampingan orang tua dalam pembelajaran daring berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, sedangkan sisanya sebesar 41,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model. Kata Kunci: Pendampingan Orang Tua, Hasil Belajar Bahasa Indonesia

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Aug 2023 08:36
Last Modified: 11 Aug 2023 08:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33557

Actions (login required)

View Item View Item