PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MINDMAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 91 SOREANG DESA TAMALATE KECAMATAN GALESONG UTARA KABUPATEN TAKALAR

PUTRI ANGGRAENI (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MINDMAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 91 SOREANG DESA TAMALATE KECAMATAN GALESONG UTARA KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
PUTRI ANGGRAENI_1747442014_Jurnal.pdf

Download (446kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh pada penerapan metode pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 91 Soreang Desa Tamalate Kecamatan Galesong Utara, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) gambaran penggunaan metode Mind Mapping Siswa kelas V (2) gambaran hasil belajar pada mata pelajaran IPS menggunakan metode Mind Mapping siswa kelas V (3) ada tidaknya pengaruh penerapan metode pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V. Variabel bebas pada penelitian ini adalah metode Mind Mapping sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Soreang berjumlah 2 kelas sebanyak 42 siswa, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas V B yang berjumlah 21 siswa sebagai kelas eksperimen, kemudian kelas V A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi keterlaksanaan proses pembelajaran, tes yang dilakukan sebanyak dua kali yaitu pretest dan posttest dan dokumentasi berupa perangkat pembelajaran dan dokumen penelitian. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas eksperimen meningkat setelah diberikan metode mind mapping dibuktikan dengan rata-rata hasil tes hasil belajar IPS meningkat setelah diberikan perlakuan metode mind mapping. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai Thitung > Ttabel atau Sig ≤ α. Maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan sebelum dan sesudah diberikan metode mind mapping terhadap Hasil Belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN Soreang Desa Tamalate Kecamatan Galesong Utara. Kata Kunci: Metode Mind Mapping, Hasil Belajar IPS.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Aug 2023 07:08
Last Modified: 11 Aug 2023 07:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33545

Actions (login required)

View Item View Item