PENINGKATAN KEMAMPUAN MENARI TARI PADDUPPA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA SISWA DI SMK NEGERI 1 MAKASSAR

SASTRI, SASTRI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENARI TARI PADDUPPA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA SISWA DI SMK NEGERI 1 MAKASSAR. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
Salin-jurnal sastri 1882342012 1 - Seroja Nur Mauliddina.pdf

Download (660kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran tari padduppa pada kegiatan ekstrakurikuler dengan menggunakan metode drill pada siswa di SMK Negeri 1 Makassar. Pada proses pembelajaran tari Padduppa pada kegiatan ekstrakurikuer dengan menggunakan metode drill dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan. (2) Mendeskripsikan hasil peningkatan menari tari padduppa pada kegiatan ekstrakurikuler dengan menggunakan metode drill di SMK Negeri 1 Makassar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes keterampilan menari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan, maka penelitian ini memiliki 2 tahap sikus yaitu siklus I dan sikus II. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil pra tindakan diperoleh data persentase penilaian 13,3% dengan nilai rata-rata 5,13. Pada siklus I persentasi penilaian keterampilan menari siswi 53,3% dengan nilai rata-rata 7,0 dan pada siklus II persentase penilaian keterampilan menari siswi 80% dengan nilai rata-rata 8,8. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa penggunaan metode drill pada kegiatan ekstrakurikuler tari SMK Negeri 1 Makassar dapat meningkatkan keterampilan menari siswi. Kata kunci: Peningkatan, Tari, Metode Drill

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 11 Aug 2023 10:54
Last Modified: 11 Aug 2023 10:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33544

Actions (login required)

View Item View Item