PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 91 SOREANG DESA TAMALATE KECAMATAN GALESONG UTARA

ANDI ANDHINI PUTRI RUSDIN (2023) PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 91 SOREANG DESA TAMALATE KECAMATAN GALESONG UTARA.

[img] Text
ARTIKEL_ANDI ANDHINI PUTRI RUSDIN_UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.pdf

Download (551kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 91 Soreang. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Variabel bebas penelitian ini adalah lembar kerja peserta didik. Variabel terikat adalah hasil belajar. Populasi penelitian 42 siswa dengan jumlah laki-laki 21 orang dan jumlah perempuan 21 orang yang terdiri dari dua kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen yang peneliti gunakan berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 30 soal. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan independent sample T-test. Pelaksanaan penggunaan lembar kerja peserta didik (LKPD) pada siswa berada pada kategori sangat baik. Hasil belajar IPS siswa berada pada katgeori sangat baik, hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata pretest mengalami perubahan ketika diberikan posttest. Hasil uji hipotesis menunjukkan penggunaan lembar kerja peserta didik memiliki efek pada hasil belajar. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan lembar kerja peserta didik berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 91 Soreang. Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik, Hasil Belajar, IPS.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Aug 2023 06:54
Last Modified: 11 Aug 2023 06:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33543

Actions (login required)

View Item View Item