PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD NEGERI 91 SOREANG DESA TAMALATE KECAMATAN GALESONG UTARA

Anita Purnama Hani (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD NEGERI 91 SOREANG DESA TAMALATE KECAMATAN GALESONG UTARA.

[img] Text
Artikel_Anita Purnama Hani_1747441023.pdf

Download (363kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 91 Soreang. Desain penelitian iniyang digunakan adalah None Equivalent Control Design. Variable bebas penelitian ini adalah media video. Variable terikat hasil belajar. Populasi penelitian 36 siswa dengan jumlah laki-laki 21 orang dan jumlah perempuan 15 orang yang terdiri dari dua kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah purpose sampling. Instrumen yang peneliti gunakan berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 20 soal. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasii dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan independent sample T-test Hasil uji hipotesis menunjukkan media video memiliki efek pada hasil belajar. Penerapan media video pada kelas IV SD Negeri 91 Soreang berada pada kategori sangat baik. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada kelas kontrol dan eksperimen berada pada kategori baik. Kesimpulan penelitian ini adalah media video berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 91 Soreang. Kata kunci : Media Video, Hasil belajar, IPS.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Aug 2023 06:42
Last Modified: 11 Aug 2023 06:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33542

Actions (login required)

View Item View Item