ZAKY ZAFIRA (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI RAPPOCINI KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
ARTIKEL_ZAKY ZAFIRA_1747040022_PGSD.pdf Download (958kB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui penggunaan media gambar seri pada siswa kelas IV SD Negeri Rappocini Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Rappocini Kecamatan Rappocini Kota Makassar yang berjumlah 19 orang pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Hasil peningkatan aktivitas mengajar guru pada siklus I setelah diterapkan media gambar seri memperoleh kategori kurang (K) kemudian pada siklus II memperoleh kategori baik (B). Selain itu hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh kategori kurang (K) dan pada siklus II memperoleh kategori baik (B). Sejalan dengan hal tersebut, rata-rata hasil tes keterampilan menulis karangan deskripsi siswa juga mengalami peningkatan dengan hasil pada siklus I hanya memperoleh kategori Cukup (C) kemudian meningkat pada siklus II menjadi kategori Sangat Baik (A). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD Negeri Rappocini Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Kata Kunci : Media Gambar Seri, Keterampilan Menulis, Karangan Deskripsi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 11 Aug 2023 06:34 |
Last Modified: | 11 Aug 2023 06:34 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33541 |
Actions (login required)
View Item |