Penerapan Media Papan Flanel untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik di Kelas II SDN Bayang Kota Makassar.

Awaliyah Rizqi (2023) Penerapan Media Papan Flanel untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik di Kelas II SDN Bayang Kota Makassar.

[img] Text
Artikel_Awaliyah Rizqi_PGSD_1747441002_Universitas Negeri Makassar-dikonversi.pdf

Download (381kB)

Abstract

Awaliyah Rizqi, 2021. Penerapan Media Papan Flanel untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik di Kelas II SDN Bayang Kota Makassar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar, (dibimbing oleh Pembimbing I Andi Dewi Riang Tati., S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II Nurhaedah, S.Pd., M.Hum.). Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas II SDN Bayang Kota Makassar. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Bagaimana meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media papan flanel pada peserta didik kelas II SDN Bayang Kota Makassar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui meningkatnya kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media papan flanel pada peserta didik kelas II SDN Bayang Kota Makassar. Pendekatan yang dipilih pada pelaksanaan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas II SDN Bayang Kota Makassar dengan jumlah peserta didik sebanyak 25 orang yang terdiri dari 13 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Data aktivitas guru dan aktivitas peserta didik diperoleh melalui lembar observasi dan hasil kemampuan membaca permulaan peserta didik menggunakan media papan flanel. Kemampuan membaca permulaan peserta didik pada siklus I pertemuan 1 dan 2 belum tuntas tetapi pada siklus II pertemuan 1 dan 2 mengalami peningkatan dan dikategorikan tuntas. Selain itu aktivitas guru dan peserta didik dalam menerapkan media papan flanel juga mengalami peningkatan yakni pada siklus I dan siklus II aktivitas mengajar guru dikategorikan baik. Aktivitas belajar peserta didik pada siklus I pertemuan 1 dikategorikan kurang dan pada pertemuan 2 dikategorikan baik dan mengalami peningkatan pada siklus II yakni pada pertemuan 1 dan pertemuan 2 dikategorikan baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media papan flanel dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas II SDN Bayang Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Aug 2023 06:11
Last Modified: 11 Aug 2023 06:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33538

Actions (login required)

View Item View Item