PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD INPRES BTN IKIP 1 KOTA MAKASSAR

NUR HIKMAH (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD INPRES BTN IKIP 1 KOTA MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL PGSD_1747041029_NUR HIKMAH.pdf

Download (973kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan media audio visual terhadap pembelajaran IPS, untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di SD Inpres BTN IKIP 1 Kota Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres BTN IKIP 1, sampelnya kelas Va berjumlah 21 siswa dan Vb berjumlah 21 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Prosedur penelitiannya mencakup tiga tahapan yaitu tahap persiapan,tahap pelaksanaan dan tahap tindak lanjut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis data inferensial yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis yang menggunakan independent sample T-test. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar IPS berupa soal pretest dan posttest dimana pada nilai posttest mengalami peningkatan nilai siswa. Berdasarkan hasil analisis statistic inferensial diperoleh nilai P = 0,000 lebih kecil dari nilai α = 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa setelah penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres BTN IKIP 1 Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Aug 2023 06:06
Last Modified: 11 Aug 2023 06:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33536

Actions (login required)

View Item View Item