Hubungan Persepsi Sistwa Terhadap Mata Pelajaran Matematika dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V UPT SDN 11 Pangkajene Kabupaten Sidrap

NURUL AZIZAH BAHAR (2023) Hubungan Persepsi Sistwa Terhadap Mata Pelajaran Matematika dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V UPT SDN 11 Pangkajene Kabupaten Sidrap.

[img] Text
Artikel-Nurul Azizah Bahar-Universitas Negeri Makassar.pdf

Download (876kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran persepsi siswa terhadap mata pelajaran matematika, 2) Gambaran hasil belajar matematika, 3) Hubungan antara persepsi siswa terhadap mata pelajaran matematika dengan hasil belajar matematika. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah persepsi siswa terhadap mata pelajaran matematika, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V UPT SDN 11 Pangkajene Kabupaten Sidrap sebanyak 3 kelas dengan jumlah siswa 93 orang, sedangkan sampelnya adalah 47 orang dengan penarikan sampel menggunakan teknik sampling sistematis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu kuesioner berupa angket dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pembagian angket persepsi siswa terhadap mata pelajaran matematika dan dokumentasi nilai UAS siswa semester genap tahun ajaran 2020/2021. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan uji korelasi product moment. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) Gambaran persepsi siswa terhadap mata pelajaran matematika siswa berada pada kategori rendah, hal tersebut diperoleh dari nilai hasil analisis rata-rata dan persentase hasil pengisian angket persepsi siswa terhadap mata pelajaran matematika, (2) Gambaran hasil belajar matematika siswa erada pada kategori baik, hal tersebut diperoleh dari nilai hasil analisis rata-rata dan persentase hasil belajar matematika siswa, (3) Berdasarkan hasil analysis statistik inferensial dan pengambilan keputusan yang mengacu pada kriteria yang digunakan untuk menguji signifikan korelasi product moment, diperoleh nilai signifikansi yang tidak memenuhi kriteria atau nilai signifikansi lebih besar dari nilai alpha, sehingga hipoteisis pada penelitian ini ditolak. Olehnya itu dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak terdapat hubungan antara persepsi siswa terhadap mata pelajaran matematika dengan hasil belajar matematika siswa kelas V UPT SDN 11 Pangkajene Kabupaten Sidrap. Kata Kunci : Persepsi matematika, Hasil belajar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Aug 2023 05:41
Last Modified: 11 Aug 2023 05:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33534

Actions (login required)

View Item View Item