Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Tangram Pada Siswa Kelas IV UPT SDN No.191 Inpres Paku Kabupaten Takalar

MIFTAHUL JANNAH (2023) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Tangram Pada Siswa Kelas IV UPT SDN No.191 Inpres Paku Kabupaten Takalar.

[img] Text
Artikel_Miftahul Jannah_Universitas Negeri Makassar.pdf

Download (504kB)

Abstract

Miftahul Jannah, 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Tangram pada Siswa Kelas IV UPT SDN No. 191 Inpres Paku Kabupaten Takalar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar, (dibimbing oleh Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Rohana, M.Pd. dan Pembimbing II Nur Abidah Idrus, S.Pd.,M.Pd).Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV UPT SDN No. 191 Inpres Paku Kabupaten Takalar. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Bagaimana meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan media tangram pada siswa kelas IV UPT SDN No. 191 Inpres Paku Kabupaten Takalar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika menggunakan media tangram pada siswa kelas IV UPT SDN No. 191 Inpres Paku Kabupaten Takalar. Pendekatan yang dipilih pada pelaksanaan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV UPT SDN No. 191 Inpres Paku Kabupaten Takalar dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Data aktivitas guru dan aktovotas siswa diperoleh melalui lembar observasi dan hasil belajar matematika siswa menggunakan media tangram. Hasil belajar matematika siswa pada siklus I pertemuan 1 dan 2 belum tuntas tetapi pada siklus II pertemuan 1 dan 2 mengalami peningkatan dan dikategorikan tuntas. Selain itu aktivitas guru dan siswa dalam menerapkan media tangram juga mengalami pengingkatan yakni pada siklus I dan siklus II aktivitas mengajar guru dikategorikan sangat baik. Aktivitas belajarsiswa pada siklus I pertemuan 1 dikategorikan kurang dan pada pertemuan 2 dikategorikan baik dan mengalami pengingkatan pada siklus II yakni pada pertemuan 1 dan pertemuan 2 dikategorikan sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media tangram dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV UPT SDN No. 191 Inpres Paku Kabupaten Takalar. Kata Kunci : Media tangram, Siswa, Hasil belajar matematika.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Aug 2023 03:34
Last Modified: 11 Aug 2023 03:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33532

Actions (login required)

View Item View Item