Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Game Edukasi Android di kelas V SD Negeri 14 Bonto-Bonto Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan

Rahma Nur (2023) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Game Edukasi Android di kelas V SD Negeri 14 Bonto-Bonto Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

[img] Text
ARTIKEL_1747041052_RAHMA NUR.pdf

Download (942kB)

Abstract

Rahma Nur, 2021. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Game Edukasi Android di kelas V SD Negeri 14 Bonto-Bonto Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin dan Hartoto) Penelitian ini mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif IPA berbasis game edukasi android untuk siswa kelas V SD. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif IPA berbasis game edukasi android dan untuk mengetahui kelayakan produk multimedia pembelajaran interaktif IPA berbasis game edukasi android yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Alessi & Trollip. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 14 Bonto-Bonto yang berjumlah 30 orang siswa. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Alessi & Trollip yang dimulai dengan tahap perencanaan (planning) yang terdiri atas penentuan ruang lingkup kajian materi, analisis karakteristik siswa, membuat dokumen perencanaan, dan terakhir mengumpulkan bahan dan sumber yang berkaitan. Tahap kedua yaitu perancangan (design) yang terdiri atas pendeksripsian konten awal, analisis tugas, membuat flowchart dan terakhir membuat storyboard. Tahap ketiga yaitu pengembangan (development) yang terdiri atas pembuatan produk, uji alpha, revisi awal, uji beta, dan revisi akhir. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket yang ditujukan kepada ahli media dan ahli materi untuk menilai kevalidan produk, serta ditujukan kepada siswa dan guru untuk menilai kelayakan produk. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa deksripsi hasil validasi serta hasil angket siswa dan guru yang berisi komentar dan saran sedangkan data kuantitatif didapatkan dengan menganalisis dan mengolah data secara deskriptif menjadi data interval menggunakan skala Guttman. Berdasarkan hasil analisis validasi ahli materi maka produk multimedia berada pada kategori valid dan hasil validasi ahli media terhadap produk multimedia berada pada kategori sangat valid. Adapun hasil respon siswa dan guru untuk kelayakan produk masing-masing berada pada kategori sangat layak. Berdasarkan semua hasil dari uji alpha oleh ahli materi dan ahli media, dan juga uji beta oleh responden (siswa dan guru) maka dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif IPA berbasis game edukasi android dinilai sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Aug 2023 03:30
Last Modified: 11 Aug 2023 03:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33531

Actions (login required)

View Item View Item