Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Tehadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V di SDN 39 Cakke Kabupaten Enrekang

RENALDI SUARDI (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Tehadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V di SDN 39 Cakke Kabupaten Enrekang.

[img] Text
ARTIKEL_RENALDI SUARDI_UNVERSITAS NEGERI MAKASSAR.pdf

Download (819kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik siswa kelas V di SDN 39 Cakke dan Untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V di SDN 39 Cakke. Jenis penelitian ini adalah True Eksperimen yang menunjukkan pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Populasi dalam penelitian ini adalah 38 orang siswa dengan 35 orang siswa siswa sebagai sampel yang dibagi menjadi dua kelas yakni kelas eksperimen yang berjumlah 18 orang siswa dan kelas kontrol yang berjumlah 17 orang siswa. Penelitian ini menggunakan Pre-Test Post-Test Control Group Design sebagai desain penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar yang diberikan kepada siswa yang ada di kedua kelas. Analisis data yang digunakan adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis. Uji Hipotesis yang dilakukan menggunkan Independent Sampel T-Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai pre-test kedua kelas tidak memiliki perebadan yang signifikan dimana rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 42.9739 sedangkan pada kelas kontrol 43.3300. Adapun perbedaan rata-rata yang diperoleh pada nilai post-test kelas eksperimen yaitu 77.9628 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata post-test 56.0782. berdasarkan pada uji N-Gain, dapat diketahui peningkatan hasil belajar pada kelas ekperimen sebesar 61.6839 yang mana berada pada kategori cukup efektif sedangkan pada kelas kontrol terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 23.9214 yang mana berada pada kategori tidak efektif. Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa nilai probabilitas yang didapatkan lebih kecil dari 0.05. Ha dapat diterima dan H0 dapat ditolak. Berdasarkan pada nilai Thitung serta nilai df, maka diperoleh nilai ttabel sebesar 2.03452. maka thitung memiliki nilai lebih besar dari ttabel (8.965 > 2.03452). Apabila t hitung > t tabel dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran quantum learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V di SDN 39 Cakke Kabupaten Enrekang. Kata Kunci: quatum learning, pembelajaran tematik, hasil belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Aug 2023 03:11
Last Modified: 11 Aug 2023 03:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33526

Actions (login required)

View Item View Item