Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 2 Subtema 1 Sumber Energi Kelas IV SD Negeri 104 Tontonan Kabupaten Enrekang

Nur Ilma (2023) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 2 Subtema 1 Sumber Energi Kelas IV SD Negeri 104 Tontonan Kabupaten Enrekang.

[img] Text
PJE_ NUR ILMA.pdf

Download (747kB)

Abstract

penelitian ini membahas pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 104 Tontonan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen design dan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest Design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan model pembelajaran dengan menggunakan media audio visual pada tema 2 subtema 1 sumber energi kelas IV SDN 104 Tontonan Kabupaten Enrekang, untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa dengan menggunakan media audio visual pada tema 2 subtema 1 sumber energi kelas IV SDN 104 Tontonan Kabupaten Enrekang, dan untuk mengetahui terdapatnya pengaruh penerapan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada tema 1 subtema 2 sumber energi kelas IV SDN 104 Tontonan Kabupaten Enrekang. Varibel penelitian ini adalah penggunaan media audio visual dan hasil belajar siswa. sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 104 Tontonan Kabupaten Enrekang dengan jumlah 24 siswa. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Data analisis menggunakan analisis statistik deskriftif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa gambaran pelaksanaan model pembelajaran dengan menggunakan media audio visual pada pertemuan pertama berjalan dengan cukup efektif, pada pertemuan kedua berjalan dengan efektif dan pada pertemuan ketiga berjalan dengan sangat efektif. Pencapaian hasil belajar menujukkan adanya peningkatan saat menggunakan media audio visual hal ini terbukti dengan nilai rata-rata posttest lebh tinggi dari nilai rata-rata pretest dan Hasil analisis inferensial dengan menggunakan independent sample t-test menunjukkan nilai probablitas sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 104 Tontonan Kabupaten Enrekang Pada materi sumber energi. Kata Kunci: Media Audio Visual, Hasil Belajar, Sumber Energi.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Aug 2023 02:57
Last Modified: 11 Aug 2023 02:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33524

Actions (login required)

View Item View Item