Pengaruh Penerapan Model Sinektik Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IVSD Negeri No. 31 Sampeang Kecamatan Bajo Barat Kabupaten Luwu

HASNI S (2023) Pengaruh Penerapan Model Sinektik Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IVSD Negeri No. 31 Sampeang Kecamatan Bajo Barat Kabupaten Luwu.

[img] Text
ARTIKEL (HASNI S) 1647042063.pdf

Download (458kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model sinektik terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SD Negeri No. 31 Sampeang Kecamatan Bajo Barat Kabupaten Luwu. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah gambaran penerapan model sinektik siswa kelas IV SD Negeri No. 31 Sampeang Kecamatan Bajo Barat Kabupaten Luwu, (2) Bagaimanakah gambaran keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SD Negeri No. 31 Sampeang Kecamatan Bajo Barat Kabupaten Luwu, dan (3) Apakah terdapat pengaruh penerapan model sinektik terhadap keterampilan menulis puisi siswa Kelas IV SD Negeri No. 31 Sampeang Kecamatan Bajo Barat Kabupaten Luwu. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Grup Desaign.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi, sedangkan variabel terikatnya adalah penggunaan model sinektik. Adapun populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri No. 31 Sampeang Kecamatan Bajo Barat Kabupaten Luwu. Sampel yang terpilih berdasarkan teknik purposive sampling dengan Kelas IV A sebagai kelas kontrol dan IV B sebagai kelas eksperimen dengan masing-masing terdiri dari 21 jumlah siswa. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statsistik inferensial yang terdiri dari uji hipotesis menggunakan Independent Sampel T-test. (1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model sinektik siswa dikategorikan efektif dikarenakan persentase yang diperoleh untuk setiap pertemuan pada kemampuan guru dalam mengolah pembelajaran dan akivitas siswa mengalami peningkatan dari kategori efektif menjadi kategori sangat efektif. (2) keterampilan menulis puisi siswa kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan keterampilan menulis puisi siswa kelas kontrol karena nilai post-test pada kelas eksperimen berada pada kategori sangat efektif sedangkan pada kelas kontrol berada pada kategori efektif. (3) Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model sinektik terhadap keterampilan menulis puisi siswa Kelas IV SD Negeri No. 31 Sampeang Kecamatan Bajo Barat Kabupaten Luwu. Kata kunci: Model Sinektik, Keterampilan Menulis Puisi

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Aug 2023 02:47
Last Modified: 11 Aug 2023 02:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33523

Actions (login required)

View Item View Item