Penerapan Metode Probing – Prompting Terhadap Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran PKN kelas IV SD Negeri 26 Pulau Balang Lompo, Kec.Liukang Tupabbiring, Kab. Pangkajene dan Kepulauan.

Sahril Samad (2023) Penerapan Metode Probing – Prompting Terhadap Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran PKN kelas IV SD Negeri 26 Pulau Balang Lompo, Kec.Liukang Tupabbiring, Kab. Pangkajene dan Kepulauan.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (206kB)

Abstract

Sahril Samad, 2021. Penerapan Metode Probing – Prompting Terhadap Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran PKN kelas IV SD Negeri 26 Pulau Balang Lompo, Kec.Liukang Tupabbiring, Kab. Pangkajene dan Kepulauan. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Amir Pada, M.Pd dan Nur Abidah Idrus, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKN melalui Penerapan Metode Probing – Prompting. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, tiap siklus meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitiannya yaitu Penerapan Metode Probing – Prompting dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKN. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV dengan jumlah siswa adalah 31 orang, yang terdiri dari 19 siswa laki-laki, dan 12 siswa perempuan. Teknik analisis data dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi.Selain itu nilai hasil penelitian menunjukkan pada siklus I belum mencapai ketuntasan masih berada pada kategori Cukup (C) sedangkan pada siklus II berada pada kategori Sangat Baik (SB). Dapat di simpulkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran PKN dapat ditingkatkan melalui Penerapan Metode Probing – Prompting kelas IV SD Negeri 26 Pulau Balang Lompo, Kec.Liukang Tupabbiring, Kab. Pangkajene dan Kepulauan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Aug 2023 02:39
Last Modified: 11 Aug 2023 02:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33522

Actions (login required)

View Item View Item