Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematic Education Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN 17 Bajoe Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone

AINUN NABILAH NUR HN (2023) Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematic Education Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN 17 Bajoe Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone.

[img] Text
ARTIKEL AINUN NABILAH NUR.pdf

Download (854kB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan Realistic Mathematics Education pada pembelajaran matematika siswa Kelas IV SDN 17 Bajoe. Penelitian ini mengacu pada empat kriteria keefektifan pembelajaran yaitu hasil belajar matematika siswa tuntas dan meningkat, kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika, dan respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika dengan pendekatan realistic mathematic education. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design, yaitu sebuah eksperimen yang dilaksanakan tanpa adanya kelas pembanding. Sampel penelitian dalam penelitian ini yaitu siswa Kelas IV SDN 17 Bajoe sebanyak 25 orang sebagai kelas yang diterapkan pendekatan realistic mathematic education. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) skor rata-rata tes hasil belajar matematika siswa setelah diberi perlakuan (posttest) adalah 80,00 berada pada kategori tinggi dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 92 %. (2) kemampuan guru mengelola pembelajaran terlaksana dengan baik. (3) aktivitas siswa selama proses pembelajaran terlaksana dengan aktif. (4) angket respon siswa menunjukkan bahwa respon positif siswa terhadap pendekatan realistic mathematic education yaitu 75 % dan mencapai kriteria efektif. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa: (1) uji normalitas posttest diperoleh nilai signifikansi 0,273 0,05 menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. (2) uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) dari hasil uji Paired Samples Test sebesar 0,000 nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pendekatan Realistic Mathematic Education Efektif terhadap pembelajaran matematika pada siswa kelas IV SDN 17 Bajoe Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Kata kunci : Efektivitas, Pendekatan RME

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Aug 2023 02:34
Last Modified: 11 Aug 2023 02:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33521

Actions (login required)

View Item View Item