Pengaruh Penggunaan Media Teka-teki Silang terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I SD Gugus 1 Kecamatan Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar

ILMAYANTI (2023) Pengaruh Penggunaan Media Teka-teki Silang terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I SD Gugus 1 Kecamatan Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar.

[img] Text
Artikel_Ilmayanti_Universitas Negeri Makassar.pdf

Download (715kB)

Abstract

Ilmayanti, 2021. Pengaruh Penggunaan Media Teka-teki Silang terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I SD Gugus 1 Kecamatan Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Nurfaizah AP. dan Amir Pada).Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas I SDN 30 Kepulauan Selayar dan SDI 83 Kepulauan Selayar pada pelajaran matematika. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk (1) Mengetahui gambaran penggunaan media teka-teki silang pada pelajaran matematika, (2) Mengetahui hasil belajar siswa pada pelajaran matematika setelah menggunakan media teka-teki silang, (3) Mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media teka�teki silang terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas I SDN 30 Kepulauan Selayar dan SDI 83 Kepulauan Selayar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media teka-teki silang dan variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas I gugus 1 Kecamatan Bontosikuyu Kepulauan Selayar, sedangkan sampelnya adalah kelas I SDI 83 Kepulauan Selayar sebanyak 16 siswa dan kelas I SDN 30 Kepulauan Selayar sebanyak 14 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi penjumlahan dan pengurangan berupa pretest dan posttest serta lembar observasi keterlaksanaan penggunaan media teka-teki silang untuk melihat gambaran penggunaan media teka-teki silang serta dokumentasi sebagai bukti keterlaksanaan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Gambaran penggunaan media teka-teki silang pada proses pembelajaran berlangsung dengan baik, hal ini dapat dilihat dari keterlaksanaan penggunaan media teka-teki silang selama 2 kali pertemuan, yaitu kategori baik dan sangat baik. (2) Terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, hal tersebut dibuktikan dari nilai hasil posttest siswa kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media teka-teki silang ada pada kategori baik dan hasil posttest kelas kontrol setelah diberikan perlakuan tanpa media teka-teki silang berada pada kategori cukup baik. (3) Terdapat pengaruh penggunaan media teka-teki silang secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas I SDI 83 Kepulauan Selayar dan SDN 30 Kepulauan Selayar. Hal ini disebabkan nilai thitung > ttabel. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Media Teka-teki Silang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Aug 2023 02:28
Last Modified: 11 Aug 2023 02:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33520

Actions (login required)

View Item View Item