IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SDN PACINONGANG KABUPATEN GOWA

Mahmud, Alimuddin (2016) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SDN PACINONGANG KABUPATEN GOWA. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel.docx

Download (55kB)

Abstract

ABSTRAK Maksud dari Penelitian kualitatif ini adalah ingin mengungkap tentang proses implementasi kurikulum 2013 di SDN Paccinongang. Selain itu peneliti juga ingin mendapatkan kejelasan tentang faktor-faktor yang mendukung dan penghambat terhadap implementasi kurikulum 2013 di SDN Paccinongan. Peneliti mencoba mengeksplorasi ( memahami, mendeskripsikan, menjelaskan dengan teori dan instrumen dalam bentuk kualitatif serta apa yang didapat dari lapangan penelitian) Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui proses implementasi kurikulum 2013 di SDN Pacinongang, dan (ii) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat imlementasi kurikulum 2013 di SDN Pacinongang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implenmentasi kurikulum 2013 di SDN Pacinongang telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan yang telah diatur dalam kurikulum 2013, ini dapat dilihat dari (1) proses implementasi kurikulum 2013, yaitu dimana seluruh guru telah mampu menyusun dan melaksanakan semua format yang menjadi tugas guru dalam implementasi kurikulum 2013 seperti; dalam proses pembelajaran, komponen pembelajaran dan penilaian. (2) faktor pendukung dan penghambat, (a) faktor pendukung dalam implementasi kurikulum 2013 yaitu; perhatian pemerintah secara khusus di fokuskan untuk penerapan kurikulum 2013 dengan mengadakan pelatihan kepada guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013, adanya aturan yang dibentuk dalam permendikbud 103 tentang implementasi kurikulum 2013, kesiapan kompetensi guru dalam menerapkan kurikulum 2013, kelengkapan sarana dan prasana penunjang proses implementasi kurikulum 2013 dan, terjalinnya kerjasama yang baik antar guru dalam implementasi kurikulum 2013. (b) faktor penghambat yaitu: masih adanya guru yang kesulitan mengoperasikan komputer, masih banyak anak didik yang belum mampu menerima dari penerapan pembelajarn yang terkandung dalam kurikulum 2013, banyaknya format dalam kurikulum 2013 yang harus disusun dan dilaksanakan membuat para guru kewalahan dan kekurangan waktu dalam melaksanakan seluruh rangkaian yang terdapat dalam format penilaian. ABSTRACT The intent of this qualitative study was to reveal about the process of implementation of the curriculum in 2013 at SDN Paccinongang. In addition, researcher also want to get clarity about the factors that support and obstacle the implementation of the curriculum in 2013 at SDN Paccinongan. Researchers tried to explore (to understand, describe, explain the theory and instruments in the form of qualitative and what is gained from field research) The purpose of this study were (i) to know the process of curriculum implementation at SDN Pacinongang 2013, and (ii) to determine the factors supporting and inhibiting imlementasi 2013 at SDN Pacinongang curriculum. The results showed that implenmentasi curriculum in 2013 at SDN Pacinongang has been going well and in accordance with the provisions set out in the curriculum of 2013, can be seen from (1) the process of implementing the curriculum in 2013, which is where all teachers have been able to prepare and carry out all formats into assignment of teachers in curriculum implementation in 2013 such as; in the process of teaching, learning and assessment components. (2) supporting and inhibiting factors, (a) a contributing factor in the implementation of the curriculum in 2013, namely; government attention is specifically focused on the application of curriculum in 2013 to provide training to teachers in implementing the curriculum in 2013, the rules established in permendikbud 103 on the implementation of the curriculum in 2013, the readiness of the competence of teachers in implementing the curriculum in 2013, the completeness of facilities and infrastructures supporting the process of curriculum implementation in 2013 and , establishment of good cooperation between teachers in curriculum implementation, 2013. (b) inhibiting factors, namely: the persistence of the teachers who have difficulty to operate a computer, there are still many students who have not been able to receive from the application of pembelajarn contained in the curriculum of 2013, the number format in the curriculum 2013 must be developed and implemented to make the teachers overwhelmed and lack of time to implement a whole series contained in the format of assessment.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Oct 2017 08:18
Last Modified: 23 Oct 2017 08:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3352

Actions (login required)

View Item View Item