Hubungan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Pada Kelas VA SD Negeri Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar

abyeliya Ari Permana (2023) Hubungan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Pada Kelas VA SD Negeri Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

[img] Text
ARTIKEL_RABYELIYA ARI PERMANA_1647041025.pdf

Download (530kB)

Abstract

abyeliya Ari Permana, 2021. Hubungan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Pada Kelas VA SD Negeri Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dr. Suarlin, M.Si dan Dra. Rosdiah Salam, S.Pd, M.Pd.,). Penelitian ini adalah penelitian deskriftif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui (1) Mengetahui minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada kelas VA SD Negeri Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. (2) Mengetahui hubungan minat belajar dengan pembelajaran matematika pada kelas VA SD Negeri Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Indikator minat yaitu Perasaan senang, perasaan tertarik, Penuh Perhatian, bersikap positif, terpenuhinya kebutuhan sedangkan indikator pembelajaran matematika yaitu bilangan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah minat belajar, sedangkan variable terikatnya adalah pembelajaran matematika. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sample jenuh. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VA SD Negeri Gunung Sari sebanyak 21 orang. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan angket. Data hasil penelitian diperoleh dengan membagikan angket. Teknik analisis data yaitu analisis deskriftif dan uji prasyarat. Hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: (1) Minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada kelas VA SD Negeri Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar diapat dikatakan sedang. (2) Minat belajar dan pembelajaran matematika memiliki hubungan yang linear. Hal ini ditunjukkan berdasarkan nilaisignifikansi untuk deviant from linearity adalah 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang berarti ada hubungan yang linear. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Minat Belajar Siswa memiliki hubungan yang linear atau terletak pada satu garis lurus dalam Pembelajaran Matematika Pada Kelas VA SD Negeri Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Aug 2023 02:09
Last Modified: 11 Aug 2023 02:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33519

Actions (login required)

View Item View Item