Hubungan Antara Perhatian Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi SDN 4 Bila Kabupaten Sidenreng Rappang

JUMRIANA (2023) Hubungan Antara Perhatian Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi SDN 4 Bila Kabupaten Sidenreng Rappang.

[img] Text
ARTIKEL_JUMRIANA_1747442012.pdf

Download (472kB)

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif untuk mengetahui adatidaknya hubungan antara dua atau lebih variabel tanpa memberikan perlakuan pada variabel tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui gambaran perhatian orangtua siswa kelas tinggi SDN 4 Bila Kabupaten Sidenreng Rappang. (2) Mengetahui gambaran hasil belajar siswa kelas tinggi SDN 4 Bila Kabupaten Sidenreng Rappang. (3) Mengetahui hubungan antara perhatian orangtua terhadap hasil belajar siswa kelas tinggi SDN 4 Bila Kabupaten Sidenreng Rappang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi yang terdiri dari kelas IV, V dan VI SDN 4 Bila Kabupaten Sidenreng Rappang yang berjumlah 53 siswa/siswi. Penulis menetapkan bahwa semua siswa kelas tinggi SDN 4 Bila Kabupaten Sidenreng Rappang dijadikan subjek penelitian karena jumlahnya tidak terlalu banyak sehingga penelitian ini termasuk penelitian populasi.Perhitungan pengujian hipotesis menggunakan bantuan program SPSS versi 25. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah instrumen angket/kuesioner dan dokumentasi. Sebelum dilakukan uji analisis, dilakukan uji prasyarat analisis yaitu ujinormalitas dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa gambaran perhatian orangtua terhadap siswa berada pada kategori rendah, dan untuk gambaran hasil belajar siswa berada pada kategori rendah serta terdapat hubungan antara perhatian orangtua terhadap hasil belajar siswa, hal ini ditunjukan dengan uji normalitas data perhatian orangtua dan data hasil belajar siswa yang berdistribusi normal. Hasil uji korelasi perhatian orangtua terhadap hasil belajar siswa berada pada kategori sedang, yang artinya perhatian orangtua terhadap hasil belajar siswa memiliki hubungan dan searah (koefisien korelasi positif) sehingga hipotesis penelitian diterima. Kata Kunci: Perhatian Orangtua, Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Aug 2023 02:18
Last Modified: 11 Aug 2023 02:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33518

Actions (login required)

View Item View Item