Pengaruh Penggunaan Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD

Khairunnisa (2023) Pengaruh Penggunaan Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD.

[img] Text
ARTIKEL_KHAIRUNNISA_UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.pdf

Download (913kB)

Abstract

Khairunnisa, 2021, Pengaruh Penggunaan Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD. Skripsi ini di bimbing oleh Pembimbing 1 oleh Prof. Dr. H. Patta Bundu, M.Ed dan Pembimbing 2 Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien.,S.Pd., M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa di kelas I SD Inpres Bitoa Kota Maskassar. Beranjak dari masalah tersebut maka rumusaln masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana gambaran penggunaan media Kartu Kata Bergambar di SD Inpres Bitoa Kota Makassar Kelas I? (2) Bagaimana kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Inpres Bitoa Kota Makassar setelah menggunakan Kartu Kata Bergambar? (3) Seberapa besar pengaruh penggunaan Kartu Kata Bergambar pada kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Inpres Bitoa Kota Makassar?. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan gambaran penggunaan media Kartu Kata Bergambar di SD Inpres Bitoa Kota Makassar Kelas I, (2) Untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Inpres Bitoa Kota Makassar setelah menggunakan media Kartu Kata Bergambar, (3) Untuk mengetahui besar pengaruh penggunaan Kartu Kata Bergambar pada kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Inpres Bitoa Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis oenelitian eksperimen dengan desain bentuk Pretst Posttest Control Group Design. Dengan tahap pretest, treatment dan posttest. Variabel peneltian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas yang mencakup kartu kata bergambar dan variabel terikat mencakup kemampuan membaca permulaan siswa. Adapun kondisi penelitian ini adalah siswa kelas I SD Inpres Bitoa Kota Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Tes lisan, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan melakukan pengujian hipotesis menggunakan t-test dengan jenis Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu kata bergambar dapat dikategorikan sangat efektif. Penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan penggunaan kartu kata bergambar terhaadap kemampuan membaca permulaan siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah media kartu kata bergambar memberikan pengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Inpres Bitoa Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Aug 2023 02:02
Last Modified: 11 Aug 2023 02:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33516

Actions (login required)

View Item View Item