Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hail Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 163 Lalebata Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone

Hasriani (2023) Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hail Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 163 Lalebata Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone.

[img] Text
JURNAL HASRIANI..pdf

Download (800kB)

Abstract

Hasriani, 2021. Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hail Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 163 Lalebata Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Andi Dewi Riang Tati, S.Pd., M.Pd dan Muhammad Irfan, S.Pd., M.Pd) Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa pada siswa kelas IV SDN 163 Lalebata Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah Pra-Eksperimental. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pendekatan matematika realistik dalam pembelajaran matematika siswa kelas IV, bagaimana hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan matematika realistik, apakah terdapat pengaruh penerapan pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan pendekatan matematika realistik dalam pembelajaran siswa kelas IV SDN 163 Lalebata, untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan matematika realistik kelas IV, untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar siswa kelas IV. Pendekatan yang dipilih dalam pelaksanaan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini adalah pra-eksperimetal. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan matematika realistik, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 163 Lalebata berjumlah 25 siswa, sedangkan sampelnya berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa setelah penggunaan pendekatan matematika reaslistik pada proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai P =0,00 lebih kecil dari α = 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa setelah penggunaan pendekatan matematika realistik pada proses pembelajaran siswa kelas IV SD Negeri 163 Lalebata Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Aug 2023 01:57
Last Modified: 11 Aug 2023 01:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33513

Actions (login required)

View Item View Item