Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual (Video Pembelajaran) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar

AULIAH (2023) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual (Video Pembelajaran) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

[img] Text
Artikel_Auliah_Universitas Negeri Makassar.pdf

Download (531kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini menelaah pengaruh penggunaan media audio visual pada muatan pelajaran IPA. Beradasarkan dari masalah tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah gambaran penggunaan media audio visual (video pembelajaran) pada muatan pelajaran IPA?(2)Bagaimanakah hasil belajar siswa dalam penggunaan media audio visual (Video Pembelajaran) pada muatan pelajaran IPA?(3)Apakah terdapat pengaruh penggunaan media audio visual (video pembelajaran) yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitiannya adalah mengetahui: (1)gambaran penggunaan media audio visual (video pembelajaran) pada muatan pelajaran IPA.(2 )hasil belajar siswa dalam penggunaan media audio visual (video pembelajaran) pada muatan pelajaran IPA.(3) pengaruh signifikan penggunaan media audio visual (video pembelajaran) terhadap hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre�Eksperimen Design dan menggunakan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh siswa kelas V yang berjumlah 46 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penilitian ini adalah Random Sampling dengan sampel kelas V.A denegan jumlah 24 siswa dan kelas V.B dengan jumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pembelajaran dengan menggunakan media audio visual berlangsung secara baik, (2) hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan setelah menggunakan media audio visual dalam pembelajaran, (3) media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar IPA. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Audio Visual, Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Aug 2023 01:58
Last Modified: 11 Aug 2023 01:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33512

Actions (login required)

View Item View Item