PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN CENTRE MANGALLI KECAMATAN PALANGGA KABUPATEN GOWA

Sri Rahmaniar L.A (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN CENTRE MANGALLI KECAMATAN PALANGGA KABUPATEN GOWA.

[img] Text
JURNAL SRI RAHMANIAR LONDONG ALLO_1747042102.pdf

Download (431kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Adapun rumusan masalahnya bagaimanakah penerapan model pembelajaran CIRC terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Centre Mangalli Kecamatan Palangga Kabupaten Gowa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC) terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Centre Mangalli Kecamatan Palangga Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklusterdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokuspenelitian adalah penerapan model pembelajaran CIRC dan hasil belajar siswa. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Centre Mangalli Kecamatan Palangga Kabupaten Gowa yang berjumlah 22 siswa pada semester ganjil tahun ajaran 2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pada siklus I yaitu berada pada kategori Cukup dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Centre Mangalli Kecamatan Palangga Kabupaten Gowa. Kata Kunci: Model Pembelajaran CIRC, Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Aug 2023 01:36
Last Modified: 11 Aug 2023 01:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33511

Actions (login required)

View Item View Item