Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek pada Siswa Kelas IV SD Inpres BTN IKIP 1 Kota Makassar.

Nur Azirah (2023) Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek pada Siswa Kelas IV SD Inpres BTN IKIP 1 Kota Makassar.

[img] Text
ARTIKEL_NUR AZIRAH_1747042056.pdf

Download (270kB)

Abstract

Nur Azirah, 2021. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek pada Siswa Kelas IV SD Inpres BTN IKIP 1 Kota Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Pembimbing I Muh. Faisal, dan Pembimbing II Latri. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang mampu dalam menuangkan ide-ide dalam menulis cerita pendek. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan media gambar seri, gambaran kemampuan menulis cerita pendek siswa dan apakah ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP 1 Kota Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media gambar seri dan variabel terikatnya ialah kemampuan menulis cerita pendek pada siswa. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimental. Dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Fakor dari eksplorasi ini adalah meda gambar seri dan kemampuan menulis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP 1 Kota Makassar, sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV A berjumlah 32 siswa dan IV B berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes kemampuan menulis cerita pendek berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji hipotesis menggunakan uji independent T-test. Hasil analisis deskriptif diperoleh pada kelas eksperimen diperoleh hasil dengan kategori tinggi sedangkan pada kelas kontrol berada pada kategori sedang. Hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai probabilitas lebih kecil dari nilai α. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIPI Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Aug 2023 07:21
Last Modified: 10 Aug 2023 07:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33501

Actions (login required)

View Item View Item