Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas V SDN Cendrawasih 1 Makassar.

Ignes Sarto (2023) Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas V SDN Cendrawasih 1 Makassar.

[img] Text
Artikel_Ignes Sarto_PGSDFIP UNM.pdf

Download (462kB)

Abstract

Ignes Sarto, 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas V SDN Cendrawasih 1 Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Pembimbing I Amrah dan Pembimbing II Nurfaizah AP. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah minat belajar siswa pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 masih rendah karena terjadi perubahan pada pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran dalam jaringan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran pembelajaran daring siswa pada masa pandemi Covid-19 Kelas V SDN Cendrawasih 1 Makassar? (2) Bagaimana gambaran minat belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 Kelas V SDN Cendrawasih 1 Makassar? (3) Apakah terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 Kelas V SDN Cendrawasih 1 Makassar? Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian adalah: (1) untuk mengidentifikasi gambaran pembelajaran daring siswa pada masa pandemi Covid-19 Kelas V SDN Cendrawasih 1 Makassar. (2) untuk mengetahui gambaran minat belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 Kelas V SDN Cendrawasih 1 Makassar. (3) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 Kelas V SDN Cendrawasih 1 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto. Variabel dalam penelitian ini ada 2 yaitu variabel bebas (pembelajaran daring) dan variabel terikat (minat belajar). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA dan VB SDN Cendrawasih 1 Makassar, dengan menggunakan sampel jenuh sebanyak 55 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuesioner dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis yang digunakan terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dan koefisien determinasi (R Square). Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 Kelas V SDN Cendrawasih 1 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Aug 2023 07:13
Last Modified: 10 Aug 2023 07:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33500

Actions (login required)

View Item View Item