Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 22 Jerae Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng.

Agi Astuti (2023) Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 22 Jerae Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng.

[img] Text
PJE 2022_AGI ASTUTI_1747042022_PGSD.pdf

Download (501kB)

Abstract

Agi Astuti, 2021. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 22 Jerae Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Lutfi B dan Hartoto). Penelitian ini menelaah pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar pembelajaran IPA. Adapun rumusan masalah yang dikaji adalah (1) Bagaimanakah gambaran motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran IPA siswa kelas IV SD negeri 22 Jerae Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng (2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar pembelajaran IPA siswa kelas IV SD negeri 22 Jerae Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng (3) Apakah terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD negeri 22 Jerae Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran motivasi belajar pembelajaran IPA, gambaran hasil belajar pembelajaran IPA, dan Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPA. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ex Post Facto. Variabel penelitian ini terdiri dari dua yaitu variabel motivasi belajar dan variabel hasil belajar pembelajaran IPA. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 22 Jerae Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng dengan sampel 14 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh di mana populasi sekaligus menjadi sampel pada penelitian ini, Teknik dan prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 22 Jerae Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Aug 2023 07:08
Last Modified: 10 Aug 2023 07:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33499

Actions (login required)

View Item View Item