Penerapan Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Negeri No. 18 MaeroKecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto

SITI FAUZIAH MALLOMBASI (2023) Penerapan Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Negeri No. 18 MaeroKecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto.

[img] Text
Artikel_Siti Fauziah Mallombasi.pdf

Download (832kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA. Rumusan permasalahan dalam penelitian adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV SDN No. 18 Maero Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Predict, Observe, Explain untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV SDN No. 18 Maero Kabupaten Jeneponto. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Data dalam penelitian ini diperoleh dari guru dan siswa melalui observasi, tes hasil belajar dan pengamatan dokumen. Berdasarkan hasil refleksi yang dilaksanakan pada siklus I diketahui bahwa hanya sebagian kecil siswa yang dapat mencapai indikator keberhasilan untuk materi yang sama dengan siklus I. Sedangkan hasil refleksi siklus II diperoleh data bahwa siswa yang mencapai indikator keberhasilan mengalami peningkatan dibanding dengan siklus I. Kesimpulanya adalah penerapan model pembelajaran Predict, Observe, Explain dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV SDN No. 18 Maero Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE)

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Aug 2023 06:54
Last Modified: 10 Aug 2023 06:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33494

Actions (login required)

View Item View Item