KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERDISKUSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BULUKUMBA

YUSRINA, YUSRINA (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERDISKUSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BULUKUMBA. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL.docx

Download (31kB)

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk membuktikan keefektifan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berdiskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bulukumba. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bulukumba berjumlah 244 siswa yang tersebar ke dalam dua belas kelas. Sampel dalam penelitian yang dipilih adalah kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampel bertujuan (purposive sampling). Ada tiga aspek kriteria penilaian pembelajaran dalam penelitian ini, yaitu: penilaian aspek afektif, kognitif, dan psikomor. Intrumen yang digunakan adalah instrumen yang berkaitan dengan pelaksanaan model pembelajaran berbasis masalah dan tes praktik berdiskusi. Tes tersebut digunakan pada tes awal (pretes) dan tes akhir (postes) baik pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Uji statistik deskriptif menunjukkan model pembelajaran berbasis masalah efektif terhadap kemampuan berdiskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bulukumba. Nilai yang diperoleh siswa mengalami peningkatan. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai tes kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah untuk aspek kognitif berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 81,47. Penilaian aspek psikomotor juga berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 84,77. Sedangkan nilai tes kelas kontrol untuk aspek kognitif nilai rata-rata yang diperoleh adalah 71,76. Penilaian aspek psikomotor nilai rata-rata yang diperoleh adalah 76,94 berada pada kategori sedang. Penilaian aspek afektif kedua kelas tersebut menunjukkan sikap yang baik. Hal tersebut tampak pada aktivitas siswa ketika mengikuti pembelajaran. Hasil statistik inferensial perhitungan uji signifikasi uji t nilai thitung > ttabel atau 4,105 > 2,00. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima yang berarti model pembelajaran berbasis masalah efektif terhadap kemampuan berdiskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bulukumba. Kata kunci : Model pembelajaran berbasis masalah, diskusi, efektif

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Oct 2017 08:08
Last Modified: 14 Mar 2018 02:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3349

Actions (login required)

View Item View Item