Hubungan Self-Efficacy Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III Pada Pembelajaran Hybrid Learning Di Sekolah Dasar

PUTRI DWI RAMADHANI SYAM (2023) Hubungan Self-Efficacy Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III Pada Pembelajaran Hybrid Learning Di Sekolah Dasar.

[img] Text
ARTIKEL-PUTRI DWI RAMADHANI SYAM-Universitas Negeri Makassar-dikonversi.pdf

Download (325kB)

Abstract

Self-efficacy merupakan faktor psikologis yang berhubungan dengan pencapaian prestasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non-eksperimen dengan metode korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara self-efficacy dengan prestasi belajar siswa kelas III sekolah dasar pada pembelajaran hybrid learning di gugus VI Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah self-efficacy, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa pada pembelajaran hybrid learning. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III sekolah dasar gugus VI kecamatan Rappocini Kota Makassar, sedangkan sampelnya adalah 183 siswa perwakilan tiap kelas III sekolah dasar gugus VI Kecamatan rappocini Kota Makassar yang telah terpilih melalui teknik pengambilan sampel proportionate random sampling. Data hasil penelitian diperoleh dengan membagikan angket self-efficacy dan dokumentasi nilai rapor siswa semester genap tahun ajaran 2020/2021. Hasil analisis deskriptif gambaran self-efficacy dengan uji kategori variabel diperoleh sebanyak 66,12% (121 siswa) memiliki self-efficacy sedang yaitu siswa cenderung memiliki ketekunan dalam belajar dan inisiatif dalam mengatur segala hal untuk berusaha mencapai tujuan yang ingin dicapainya adapun gambaran prestasi belajar siswa yaitu berupa nilai rata-rata rapor siswa kelas III SD gugus VI Kecamatan Rappocini Kota Makassar berkisar antara 75,00 hingga 95,00. Adapun hasil uji kategori variabel, prestasi belajar siswa dominan pada kategori sedang sebanyak 68,31% (125 siswa). Teknik analisis data untuk menentukan hubungan antara kedua variabel yaitu self efficacy dan prestasi belajar diperoleh melalui penghitungan uji Korelasi Product Moment. Hasil pengujian menunjukkan angka Pearson Correlation sebesar 0,420 dan nilai signifikansi 0,000 yaitu lebih kecil dari atau sama dengan 0,05 (0,00<0,05) dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara self-efficacy dengan prestasi belajar siswa kelas III SD Gugus VI Kecamatan Rappocini Kota Makassar tahun ajaran 2020/2021. Kata Kunci : Self-efficacy, Prestasi belajar, Hybrid learning.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Aug 2023 06:39
Last Modified: 10 Aug 2023 06:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33489

Actions (login required)

View Item View Item