Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar siswa di SDN 231 Inpres Lemo Kecamatan Makale Utara Kabupaten Tana Toraja.

Agnes Natalia Situlak (2023) Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar siswa di SDN 231 Inpres Lemo Kecamatan Makale Utara Kabupaten Tana Toraja.

[img] Text
Artikel Agnes Natalia Situlak.pdf

Download (898kB)

Abstract

Agnes Natalia Situlak, 2021. Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar siswa di SDN 231 Inpres Lemo Kecamatan Makale Utara Kabupaten Tana Toraja. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dr. Amir Pada, M.Pd dan Sayidiman, S.Pd, M.Pd). Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa di SDN 213 Inpres Lemo Kecamatan Makale Utara Kabupaten Tana Toraja dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa di SDN 213 Inpres Lemo Kecamatan Makale Utara Kabupaten Tana Toraja. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex post facto. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, V dan VI SDN 213 Inpres Lemo Kecamatan Makale Utara Kabupaten Tana Toraja. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini berdasarkan teknik Proporsionate Stratified Random Sampling yaitu siswa kelas siswa kelas IV, V dan VI SDN 213 Inpres Lemo Kecamatan Makale Utara Kabupaten Tana Toraja dengan jumlah sampel 95 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuesioner (angket), observasi dan kajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dan koefisien determinasi (R Square). Hasil penelitian menunjukkan disiplin belajar siswa di SDN 213 Inpres Lemo sangat kuat begitupun hasil belajar berkategori sangat baik. Diketahui pula terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa dan diperoleh R Square sebesar 0.174%. Kesimpulan dari penelitian ini yakni siswa yang disiplin dalam belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar sebesar 17.4% dimana 82.6% hasil belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal seperti kecerdasaan, minat dan perhatian, motivasi belajar, ketekunan, sikap, kebiasaan belajar, serta kondisi fisik dan kesehatan. Faktor eksternal yang berasal dari luar diri peserta didik yang memengaruhi hasil belajar yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil perolehan koefisien determinasi disiplin belajar bukanlah faktor yang memiliki kontribusi besar dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SDN 213 Inpres Lemo.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Aug 2023 06:32
Last Modified: 10 Aug 2023 06:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33488

Actions (login required)

View Item View Item