Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas IV Di SDN 58 Padali Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng.

Masruriah (2023) Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas IV Di SDN 58 Padali Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng.

[img] Text
ARTIKEL_MASRURIAH_UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.pdf

Download (880kB)

Abstract

Masruriah, 2021. Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas IV Di SDN 58 Padali Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar ( Dibimbing oleh Rosdiah Salam dan Syamsiah D) Penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui gambaran hubungan minat belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas IV Di SDN 58 Padali Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng; Untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa kelas IV Di SDN 58 Padali Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng; Untuk mengetahui apakah ada hubungan yang kuat atau signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas IV Di SDN 58 Padali Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah minat belajar bahasa Indonesia, Sedangkan Variabel terikatnya adalah hasil belajar bahasa Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Di SDN 58 Padali Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng dengan jumlah siswa 20 orang, Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh yang anggota populasi dijadikan sampel yaitu seluruh siswa kelas IV Di SDN 58 Padali Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng dengan jumlah 20 orang. Data hasil penelitian diperoleh melalui instrumen angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Data diolah secara manual dan bantuan SPSS (Statistical Packeged For Social Science) 22.00 for windows. Hipotesis penelitian diuji dengan analisis regresi sederhana. Hal ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima yaitu ada hubungan yang positif antara minat belajar dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa pada kelas IV Di SDN 58 Padali Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Aug 2023 06:26
Last Modified: 10 Aug 2023 06:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33486

Actions (login required)

View Item View Item