Pengaruh penerapan model problem based learning berbasis gamifikasi terhadap hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar

Novi Rahmawati (2023) Pengaruh penerapan model problem based learning berbasis gamifikasi terhadap hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar.

[img] Text
Artikel_Novi Rahmawati_Universitas Negeri Makassar.pdf

Download (747kB)

Abstract

Novi Rahmawati, 2021. Pengaruh penerapan model problem based learning berbasis gamifikasi terhadap hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Dr. Andi Makkasau, M.Si dan Siti Raihan., S.Pd., M.Pd). Paradigma pembelajaran abad 21 mengutamakan pada kemampuan berfikir kritis serta adaptif dengan pemanfaatan teknologi. Hal sangat berbeda dengan yang terjadi dilapangan karena belum terlaksananya pembelajaran berbasis student centre yang mengarah pada pembelajaran abad 21 serta belum maksimalnya pemanfaatkan teknologi dalam aktivitas belajar. Model pembelajaran problem based learning berbasis gamifikasi merupakan inovasi model pembelajaran yang mengakomodasi kecakapan abad 21 serta linear dengan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan model problem based learning, gambaran hasil belajar sebelum dan seteleh menggunakan model problem based learning serta pengaruh dari penerapan model problem based learning berbasis gamifikasi terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan desain nonequivalent control group Design, dengan tahap pre-test, treatment, dan post-test. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas IIII UPT-SPF SD Inpres Mariso 1 kota Makassar yang berjumlah 41 orang. Sampel pada penelitian ini adalah kelas III B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 20 siswa dan III A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan melakukan pengujian hipotesis menggunakan independent sample t-test. Berdasarkan data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning berbasis gamifikasi dapat dikategorikan cukup efektif. Penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh penerapan model problem based learning berbasis gamifikasi terhadap hasil belajar siswa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Aug 2023 06:11
Last Modified: 10 Aug 2023 06:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33485

Actions (login required)

View Item View Item