Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 90 Lenrang Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng.

MUH RISNO (2023) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 90 Lenrang Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng.

[img] Text
JURNAL MUH RISNO-1.pdf

Download (628kB)

Abstract

MUH RISNO, 2021. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 90 Lenrang Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar ( Dibimbing oleh Nur Abidah Idrus, S.Pd., M.Pd dan Prof. Dr. Hj. Rohana, M.Pd). Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 90 Lenrang Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 90 Lenrang Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahab observasi, dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 90 Lenrang Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng sebanyak 8 orang yang terdiri dari 3 laki-laki dan 5 perempuan. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru sebagai pengajar. Teknik analisis data adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan ketuntasan belajar siklus I pada kategori kurang (K) sedangkan siklus II pencapaian ketuntasan berada pada kategori baik (B). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS SDN 90 Lenrang Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Aug 2023 06:02
Last Modified: 10 Aug 2023 06:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33483

Actions (login required)

View Item View Item