Hubungan Pembelajaran Daring Dengan Kemampuan Menyimak Siswa Kelas IV SDN 13 Curio Kecamatan Curio Kabupaten Enrekang

NURUL AZMI (2023) Hubungan Pembelajaran Daring Dengan Kemampuan Menyimak Siswa Kelas IV SDN 13 Curio Kecamatan Curio Kabupaten Enrekang.

[img] Text
ARTIKEL_NURUL AZMI_UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.pdf

Download (650kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui gambaran pembelajaran daring dan hasil kemampuan menyimak, serta mengetahui hubungan antara pembelajaran daring dengan kemampuan menyimak siswa kelas IV SDN 13 Curio Kecamatan Curio Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran daring, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan menyimak siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 13 Curio Kecamatan Curio Kabupaten Enrekang yang berjumlah 21 siswa. Dengan menggunakan sampel jenuh sebagai teknik dalam pengambilan sampel penelitian, dan menggunakan desain penelitian kausal. Data hasil dalam penelitian ini diperoleh dari pembagian angket pembelajaran daring dan hasil dari tes kemampuan menyimak siswa. teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dengan analisis deskriptif diperoleh dari hasil pengisisan angket pembelajaran daring dan tes kemampuan menyimak yang diberikan kepada siswa. Hasil analisis statistik dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji Korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat diketahui bahwa hubungan antara pembelajaran daring dengan kemampuan menyimak siswa adalah 0,759, dengan nilai signifikan 0,002 yang lebih kecil dari 0,05. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pembelajaran daring dengan kemampuan menyimak siswa. Kata Kunci: pembelajaran daring, kemampuan menyimak

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Aug 2023 06:07
Last Modified: 10 Aug 2023 06:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33482

Actions (login required)

View Item View Item