Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa Selama Masa Pandemi Kelas V UPT SPF SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Kecamatan Rappocini Kota Makassa

Nur Afifah Dahlan (2023) Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa Selama Masa Pandemi Kelas V UPT SPF SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Kecamatan Rappocini Kota Makassa.

[img] Text
Artikel_Nur Afifah Dahlan_Universitas Negeri Makassar (1).pdf

Download (358kB)

Abstract

Nur Afifah Dahlan, 2021. Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa Selama Masa Pandemi Kelas V UPT SPF SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Suarlin dan Andi Dewi Riang Tati) Penelitian ini adalah penelitian non-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan motivasi belajar terhadap prestasi siswa selama masa pandemik kelas V UPT SPF SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah motivasi belajar, sedangkan variabel terikat adalah prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Kecamatan Rappocini Kota Makassar sebanyak 2 kelas, sedangkan sampelnya adalah kelas V UPT SPF SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan jumlah siswa kelas V A 22 siswa dank alas V B 20 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan angket kepada siswa dan mengambil nilai ulangan akhir kepada guru kelas V UPT SPF SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistic inferensial. Hasil statistik inferensial diperoleh dari hasil uji normalitas data yang menunjukkan nilai Kolmogorov-Smirnov yang diperoleh nilai Sig lebih besar dari 0,05 dan uji linearitas yang berjalan linear sedangkan hasil statistik deskriptif motivasi belajar diperoleh 76,3% siswa yang berada pada kategori sedang dan hanya 15,8% yang berda pada kategori baik dan pada prestasi belajar terdapat 63,2% siswa yang prestasi belajarnya berada pada kategori sedang dan hanya 15,8% yang berada pada kategori baik dengan data berupa tabel distribusi. Hasil analisis statistik dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji Product Moment menunjukkan Sig (2-tailed) < 0,05 (0,00 < 0,05). Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar selama masa pandemi dengan tingkat hubungan sedang. Secara keseluruhan terdapat hubungan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa selama masa pandemi dengan tingkat hubungan sedang

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Aug 2023 05:45
Last Modified: 10 Aug 2023 05:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33479

Actions (login required)

View Item View Item