Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pkn Siswa Kelas V SD Negeri Samata Kecematan Somba Opu Kabupaten Gowa

FAHNI (2023) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pkn Siswa Kelas V SD Negeri Samata Kecematan Somba Opu Kabupaten Gowa.

[img] Text
Artikel_Fahni_PGSDFIP UNM Universitas Negeri Makassar.pdf

Download (661kB)

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri Samata Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model problem based learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Samata Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Leasrning (PBL) dan hasil belajar PKn siswa. Setting penelitian ini ada SDN Samata Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa tahun ajaran 2021/2022. Adapun sumbjek penelitiannya adalah guru kelas dan siswa kelas V SDN Samata Kecamatan Spmba Opu Kabupaten Gowa, dengan jumlah siswa 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif . hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa dan guru serta peningkatan hasil belajar PKn siswa. Adapun pencapaian pada siklus I , aktivitas guru dansiswa berada pada kategori cukup, kemudian pada siklus II meningkat menjadi baik. Kemudian hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup, serta pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri Samata Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL) dan Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Aug 2023 03:33
Last Modified: 10 Aug 2023 03:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33477

Actions (login required)

View Item View Item